Ad Under Header

Web Server

Karena sering tidak masuk kelas, saya benar-benar belum paham sejatinya apa itu Web Server. Jadi, mari belajar bersama :)
wede56.blogspot.co.id
Web Server bisa berupa perangkat keras (hardware) atau perangkat lunak (software), karena istilah dalam teknologi informasi memang luas. Yang dimaksud web server sebagai hardware, adalah sebuah komputer server (fisik). Sedangkan web server sebagai software, adalah aplikasi (program) yang ditanamkan dalam komputer server tersebut, untuk mengelola sebuah website. 

Saya akan masuk ke web server sebagai software.

Jadi sederhananya, web server (software) adalah sebuah rumah. Rumah untuk website. Baik menyimpan data maupun mengolah perintah yang dimasukkan oleh pengguna website. 

Atau rumitnya, rumah ini berupa perangkat lunak yang melayani dan memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML [ idcloudhost.com ]

Web Server dengan teknologi sekarang dapat menterjemahkan bahasa pemrograman web seperti php, asp, jsp dll sehinga data yang disajikan dapat lebih dinamis dan interaktif.

Aplikasi web server yang populer diantaranya adalah  Apache, Internet Information Service (IIS), Lighttpd, Sun Java, Jigsaw, Xitami dan Zeus. 

Aplikasi-aplikasi tersebut adalah yang akan mengelola tugasnya sebagai web server (perangkat lunak).

Ref: wikipedia.id
Top ad
Middle Ad 1
Parallax Ad
Middle Ad 2
Bottom Ad
Link copied to clipboard.